Tempat Wisata di Pulau Lombok Yang Mempesona


Tempat Wisata di Pulau Lombok - Lombok adalah salah satu pulau di Indonesia yang berlokasi di sebelah timur Pulau Bali. Sektor pariwisata adalah sumber pendapatan terpenting bagi Lombok yang kebanjiran wisatawan setiap harinya. Sering dijadikan sebagai tempat wisata alternatif dari Bali, Lombok menawarkan tempat wisata yang tidak kalah bagus dari Bali. Lombok menawarkan karakter wisata yang unik dan berkesan. Wisata Lombok adalah salah satu destinasi wisata Indonesia yang terkenal. Reputasinya telah dikenal oleh dunia internasional. Berikut adalah 10 tempat wisata lombok yang wajib anda kunjungi.


1.Gunung Rinjani
Gununk rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di indonesia. Bagi yang menganut agama Hindu, gunung ini konon mempunyai nilai spiritual tersendiri karena gunung rinjani dianggap sebagai tempat tinggal dewa. Letak gunung ini ada di sebelah utara lombok. Dengan ketinggian skitar 3726 m diatas permukaan laut. Disini juga mrupakan gunung favorit bagi pendaki karena keindahan pemandangannya. Dan yang lebih menarik lagi, di gunung rinjani terdapat danau yang sangat indah yaitu danau segara anak. Untuk menapai puncak gunung rinjani, anda akan membutuhkan waktu beberapa hari, oleh karena itu pesiapkan segala kebutuhan anda sebelum berkunjung di gunung rinjani.

2.Pantai kuta lombok
Mendengar namanya, pasti kita langsung tertuju dengan pulau bali. Tapi jangan salah, di lombok juga mempunyai pantai kuta yang tak kalah menawan dengan di bali. Pantai ini berada di desa kuta, lombok tengah, sekitar 56 km dari kota Mataram. Secara geografis kawasan ini dikelilingi oleh perbukitan. Selain itu pantai ini memiliki pasir putih dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga dipantai ini masih sepi. Wisata lain yang dapat dilakukan di Pantai Kuta Lombok di antaranya: memancing, menyelam, snorkeling, berkuda, dan lain-lain. Untuk akomodasi dipantai kuta, anda dapat menyewa taksi secara harian yang banyak beroperasi di Mataram dan sekitarnya untuk menuju pantai kuta. Atau dengan menggunakan jasa travel yang tersedia.

3.Pantai senggigi
Pantai Senggigi merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Berlokasi di bagian barat Pulau Lombok, Pantai ini mempunyai suasana yang mirip dengan Pantai Kuta di Bali, namun mempunyai ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk kegiatan berenang dan snorkeling. Pantai senggigi memiliki pemandangan pantai dan bawah laut yang sangat indah. Bagi anda yang hobi fotografi, anda juga tidak boleh melewatkan keindahan matahari terbenam disore hari. Turis-turis yang datang ke pantai ini lebih senang menghabiskan waktunya dengan berjemur ataupun joging di pinggir pantai.

4.Pura batu bolong
Pura Batu Bolong ini terletak di daerah Senggigi, Lombok. Pura Batu Bolong berada di atas sebuah batu karang berwarna hitam yang menjorok ke arah laut. Di bagian tengah batu karang ini terdapat sebuah lubang, sehingga pura ini dinamakan Pura Batu Bolong. Tempat suci umat hindu ini sekilas akan mengingatkan kita pada pura tanah lot yang berada di pulau Bali. Di pura batu bolong juga memiliki pemandangan yang indah. Saat lebaran tiba, umat muslim dilombok biasanya akan berbondong-bondong membanjiri pantai didepan pura. Mereka akan menikmati masakan lebaran seperti opor ayam beramai-ramai. Di daerah ini juga ada banyak penginapan, mulai dari hotel hingga resot yang terkenal. Sehingga anda tidak akan kebingungan ketika berkunjung si sini.

5.Taman narmada
Hal yang unik dari Taman Narmada adalah, desain taman ini merupakan replika mini dari Gunung Rinjani, selain itu terdapat juga sumber mata air dari Gunung Rinjani yang dipercaya dapat membuat Anda awet muda bila Anda membasuh muka dan meminum air tersebut. Seperti namanya, taman ini berada di daerah Narmada,di Desa Lembuak, Kecamatan narmanda, Kabupaten Lombok Tengah. Kurang lebih 10 kilometer dari Kota Mataram jika di tempuh menggunakan jalur darat. Jika anda ingin berwisata ke Taman Narmada Lombok, maka anda akan di sajikan dengan berbagai pemandangan yang sangat menarik dan unik. Yang mana jika dilihat secara sepintas, taman ini akan lebih mirip dengan taman yang berada di daerah Karangasem, Propinsi Bali. Dulunya, taman ini digunakan sebagai tempat istirahat dan tempat upacara, sekarang taman ini telah dialaih fungsikan menjadi sebuah tempat wisata.

6.Pantai sire
Pantai Sire berada di Lombok bagian Utara berjarak kurang lebih 35 Km dari kota Mataram. Pantai Sire sendiri adalah tempat wisata di Lombok yang layak dikunjungi karena keindahan yang ditawarkannya. Jika cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat Gunung Rinjani dari sini. Dengan garis pantai hampir 4 Km, Pantai Sire menawarkan aktifitas wisata yang cukup beragam seperti berenang, snorkeling, bermain kano, sampai dengan memancing. Bila Anda tidak membawa peralatan wisata untuk kegiatan tersebut, anda bisa menyewa di sekitar lokasi tersebut.
7.Pulau gili
Gili adalah pulau-pulai kecil yang terletak di lepas barat laut pulau lombok. Dari banyak pulau, ada yang ramai dikunjungi oleh wisatawan yaitu gili meno, gili air, dan gili trawangan. Ketiga pulau ini mempunyai pemandangan yang sangat indah dengan pantai yang putih dan air lautnya yang sangat jernih. Di kawasan sekitar tiga pulau ini juga memiliki taman laut yang sangat indah dan menjadi habitat berbagai hewan laut. Banyak wisatawan yang datang ke gili  untuk menikmati keindahan pantai dengan berenang, snorkeling, dan berjemur. Tersedia fasilitas publik yang lengkap di wisata yang satu ini, di antaranya hotel dan penginapan, restoran, cafe, diskotik, dan tempat ibadah. Dari daratan Lombok, perjalanan menuju 3 gili ini akan memakan waktu sekitar 30 menit.

8.Pantai sekotong
Pantai ini memang tidak sepopuler pantai senggigi dan pantai kuta yang menjadi andalan wisata di lombok.  Namun pantai sekotong memiliki pesona yang tak kalah dari pantai – pantai yang ada di pulau lombok. Di pantai ini anda dapat menikmati suasana pantai yang asri, hamparan pasir putih yang halus dengan ombak yang tenang. Letak pantai sekotong berada di wilayah Kabupaten Lombok Barat. Tempat wisata ini mudah dijangkau dari berbagai rute. Rute ke Pantai Sekotong dari Kota Mataram akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh 60 Km melewati Pelabuhan Lembar. Jika mengambil rute dari Pantai Selong Belanak di Lombok Tengah, maka jarak tempuh ke Pantai Sekotong ini akan berjarak sekitar 75 – 85 km.

9.Air terjun sendang gila
Air Terjun Sendang Gila adalah pintu masuk awal pendakian Gunung Rinjani. Karena memiliki sumber air yang sama dengan air di Taman Narmada, air di Air Terjun Sendang Gila juga dipercaya dapat membuat Anda awet muda bila Anda gunakan untuk mandi atau cuci muka. Air terjun sendang gila berlokasi di Lombok Utara berada di kawasan Desa Senaru, Air Terjun ini berjarak sekitar 60 Km atau 3 jam perjalanan dari kota Mataram. Disini juga disediakan jasa pemandu wisata sehingga anda tidak perlu khawatir kesasar.


10.Danau segara anak
Danau Segara Anak adalah satu tempat wisata di Lombok yang indah dan wajib dikunjungi, terutama bagi para pecinta wisata alam. Danau ini berlokasi di kawah Gunung Rinjani, Danau Segara Anak sampai sekarang masih diyakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau. Dikarenakan warna air danau ini yang berwarna biru, persis sama seperti warna air laut. Biasanya apabila Anda mengambil paket mendaki Gunung Rinjani bersama dengan biro perjalanan, Anda juga akan dibawa menuju Danau Segara Anak dan bermalam di pinggir danau tersebut. Kegiatan utama yang biasanya dilakukan di danau ini adalah memancing, oleh karena itu jangan lupa membawa alat pancing. Untuk dapat mencapai lokasi Danau Segara Anak, Anda harus berjalan kaki kurang lebih 9 jam dari titik akhir jalur yang dapat dilalui kendaraan bermotor.