Tempat Wisata Di Jogja Yang Menarik Dikunjungi 2018


Tempat Wisata di Jogja/ Yogyakarta - Sebagai destinasi tujuan wisata budaya yogyakarta yang akrab disebut dengan jogja ini memang memiliki banyak aset wisata budaya yang masih terpelihara dengan baik. Ini terbukti dengan masih bisa dijumpai dengan mudah peninggalan sejarah masa lalu pada masa kerajaan indonesia.

Selain itu, kota ini juga memiliki beberapa bangunan bersejarah dimasa penjajahan kolonial belanda yang sekarang menjadi sebuah bangunan antik yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun turis dari luar negeri khususnya dari belanda ingin mengetahui peninggalan sejarah kakek buyut mereka saat menduduki indonesia.

Berbagai tujuan tempat wisata di jogja yang masih kental akan seni dan budaya jawa memang menjadi ciri khas dari kota ini, Dan sekarang ini jogja menjadi salah satu pusat pendidikan seni budaya tradisional jawa yang sudah terkenal tidak hanya di indonesia, Bahkan banyak juga wisatawan luar negeri yang ingin belajar dan memperdalam seni budaya jawa semisal wayang, tari, seni musik gamelan, membatik dan lainnya.

DAFTAR TEMPAT WISATA DI JOGJA

Selain terkenal akan peninggalan sejarahnya yang sangat banyak dan masih terpelihara dengan baik ternyata tujuan objek wisata di jogja lainnya seperti wisata alam, pantai juga tidak kalah menariknya untuk anda explore. Baiklah pada artikel Tempat Wisata Di Jogja ini koswisata.blogspot.com akan meberikan daftar tempat wisata yang ada di jogja secara lengkap untuk anda semua. Semua objek wisata yang kami hadirkan ini semoga bisa menjadi referensi disaat anda berwisata di daerah istimewa yogyakarta.

WISATA CANDI DI JOGJA

Wisata Candi Borobudur
Candi Borobudur - Magelang Jawa Tengah Indonesia - Siapa yang belum tahu candi borobudur, Monumen buddha terbesar dan termegah di dunia yang di bangun pada abad 8 hingga  abad 9 oleh raja samaratungga ini adalah salah satu warisan budaya dunia yang sudah diakui oleh UNESCO. Lukisan di dinding candi borobudur merupakan sebuah galery mahakarya para pemahat batu. Inilah kekayaan bangsa indonesia yang wajib kita jaga dan kita lestarikan sebagai simbol keberadaban bangsa.

  1. Candi Prambanan - Jalan Raya Jogja - Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta
  2. Candi Ijo - Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
  3. Istana Ratu Boko - Jalan Raya Jogja-Solo, Prambanan, Yogyakarta, Indonesia
  4. Candi Sambisari - Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
  5. Candi Plaosan - Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Prambanan, Jawa Tengah.
  6. Candi Tara - Jl. Jogja-Solo km 13, Kalasan, Yogyakarta, Indonesia
  7. Candi Mendut - Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
  8. Candi Pawon - Desa Mendut, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

TUJUAN WISATA ALAM DI JOGJA

Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran - Merupakan salah satu ekowisata di daerah istimewa jogjaykarta. Gunung nglanggeran yang terletak di desa nglanggeran, kecamatan patuk gunung kidul ini merupakan sebuah kawasan wisata alam yang mana menurut penelitian sekita 60 juta tahun yang lalu gunung nglanggeran adalah gunung berapi aktif. Tersedia juga wahana flying fox yang bisa anda coba untuk menjajal nyali anda.

Gunung ini memiliki keunikan tersendiri. Ada beberapa bebatuan besar yang menurut cerita warga sekitar digunakan untuk tempat pertapaan warga. "Kamiyo Yatnorejo, warga sekitar yang juga menjadi pengelola wisata Gunung Nglanggeran, mengatakan, menurut kepercayaan, Gunung Nglanggeran dijaga oleh Kyai Ongko Wijoyo serta tokoh pewayangan Punokawan. Setiap orang yang datang akan diberi berkah tersendiri dan segala permintaan mereka akan terkabul". Wah jadi makin penasaran aja nih.
  1. Kaliurang - Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
  2. Kaliadem - Sleman, Yogyakarta, Indonesia
  3. Gua Rancang Kencono - Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
  4. Gunung Merapi -
  5. Puncak Suroloyo - Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.
  6. Air Terjun Srigethuk - Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
  7. Wanagama - Jl. Jogja-Wonosari km 30, Yogyakarta 55861. Indonesia
  8. Goa Jomblang - Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
  9. Cave Tubing Goa Pindul - Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia

TUJUAN WISATA PANTAI DI JOGJA

Wisata Pantai Indrayanti JogjaPantai Indrayanti Gunung Kidul  - Tak kalah dengan pantai - pantai yang ada di pulau bali, Jogja juga mempunyai destinasi wisata pantai yang sangat indah dan mempesona yaitu pantai indrayanti. Pantai indrayanti yang terletak di daerah gunung kidul ini menawarkan sebuah suguhan pesona wisata pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi. dengan fasilitas yang sangat lengkap seperti resto, penginapan yang sangat nyaman akan membuat liburan anda di pantai indrayanti akan lebih berkesan.

Konsep modern yang ditawarkan oleh pantai indrayanti ini mirip seperti pantai kuta di pulau bali yang mana selain anda bisa menjumpai payung - payung yang berjajar disepanjang pantai untuk tempat beristirahat para wisatawan, di pantai ini juga tersedia fasilitas jet sky yang disediakan oleh pengelola pantai yang bisa anda sewa untuk menghabiskan waktu bersenang - senang di pantai indrayanti dan habiskan akhir pekan atau liburan anda bersama keluarga dan sahabat anda di pantai kuta-nya jogja ini..
  1. Pantai Parangtritis - Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta 55188, Indonesia
  2. Pantai Jogan - Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
  3. Pantai Pokotunggal - Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
  4. Pantai Sepanjang -  Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.
  5. Pantai Drini - Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
  6. Pantai Ngobaran -  Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta.
  7. Pantai Sadeng - Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
  8. Pantai Depok - Depok, Bantul, Yogyakarta, Indonesia
  9. Pantai Krakal - Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
  10. Pantai Glagah - Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
  11. Pantai Wediombo - Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta.
  12. Pantai Parangkusumo - Parangkusumo, Parangtritis, Bantul, Yogyakarta.
  13. Pantai Ngrenehan - Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta.
  14. Pantai Sundak - Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.
  15. Pantai Siung - Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.

TEMPAT WISATA SEJARAH JOGJA

Wisata Sejarah di JogjaWisata Keraton Jogja - Jl. Rotowijayan 1, Yogyakarta 55133, Indonesia - Sebagai peninggalan sejarah kerajaan yang pernah berjaya di masa lalu, Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau akrab disebut kraton jogja ini memang dahulunya merupakan sebuah pusat pemerintahan yang ada di jogja yang sekarang berubah fungsinya menjadi sebuah pusat dari museum hidup kebudayaan jawa yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anda bisa belajar lebih mendalam tentang kesenian dan budaya jawa di kraton jogja ini. Disinilah cermin dari budaya jawa yang terkenal akan kekalemannya. Suasana yang ramah khas orang - orang jawa bisa anda rasakan begitu anda memasuki komplek keraton jogja ini. Di dalam lokasi kraton selain anda bisa melihat benda - benda khas kraton yang terpajang dengan rapi dan masih terjaga dengan sangat baik. anda juga akan melihat sebuah kesetiaan abdi dalem yang mengabdi tanpa pamrih di kraton jogja ini. Sungguh ini merupakan sebuah gambaran dari orang jawa yang sebenarnya.
  1. Wisata Kotagede - Kawasan Wisata Sejaranh Peninggalan Kerajaan Mataram
  2. Wisata Taman Sari - Jl. Taman, Kraton, Yogyakarta 55133.

MOSEUM DAN MONUMEN

Monumen Jogja KembaliMonumen Jogja Kembali - Jl. Lingkar Utara, Yogyakarta 55581, Indonesia - Monumen jogja kembali (Monjali) merupakan sebuah monumen sekaligus moseum yang menampilkan biorama peperangan rakyat indonesia melawan penjajah belanda. Monumen Yogya Kembali didirikan di ring road sebelah utara Yogyakarta. Monumen ini didirikan untuk memperingati bahwa kota Yogyakarta pernah kembali menjadi ibu kota negara Republik Indonesia pada tanggal 6 Juli 1966.

Bangunan Monumen ini terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama berisi musium, perpustakaan, auditorium dan kafetaria. Lantai 2 terdapat 10 diorama menggambarkan garis besar perjuangan Yogyakarta untuk mempertahankan Republik Indonesia dari penjajahan Belanda mulai dari Desember 1948 hingga Juli 1949.
  1. Museum Affandi - Jl. Laksda Adisucipto 167, Yogyakarta 55281.
  2. Museum Sasmitaloka - Jl. Bintaran Wetan 3, Yogyakarta 55111.
  3. Sasana Wiratama - Jl HOS Cokroaminoto TR III/430, Yogyakarta 55244.
  4. Museum Sunobudoyo - Jl. Trikora 6, Yogyakarta 55122.
  5. Tugu Jogja -
  6. Loji -
  7. Bintaran -
  8. Kotabaru -

TEMPAT WISATA RELIGI JOGJA

Masjid KotagedeMasjid Kotagede - Jl. Watu Gilang, Kotagede, Yogyakarta, Indonesia - Menjelajahi kotagede belum lengkap bila anda belum mengunjungi masjid agung kotagede. Bangunan masjid ini merupakan bangunan tempat peribadatan umat islam tertua di kota jogja. Bangunan masjid ini merupakan tempat yang seringkali hanya dilewati ketika wisatawan hendak menuju kompleks pemakaman raja Mataram, sangat disayangkan bila anda tidak mampir ke masjid ini padahal pesona bangunannya tak kalah menarik. Tentu, banyak pula cerita yang ada pada setiap piranti di masjid yang berdiri sekitar tahun 1640-an ini.
  1. Sendang Sriningsih - Desa Gayamharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.
  2. Gua Maria Tritis - Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta.
  3. Gereja Ganjuran - Desa Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta.
  4. Sendang Sono - Desa Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta.

TEMPAT WISATA BELANJA JOGJA

MalioboroJalan Malioboro - Inilah jalan malioboro, pusat wisata belanja yang ada di jogja. sebelum terlihat ramai seperti sekarang ini, jalan malioboro dulunya adalah sebuah jalan dengan banyak pohon asam di pinggir jalan dan hanya dilalui oleh para warga atau abdi dalem yang ingin pergi ke keraton jogjakarta. Akan tetapi seiring perkembangan jaman, Jalan malioboro sekarang ini sudah menjadi ikonnya wisata belanja jogja. Silahkan anda jelajahi semua Tempat wisata di dekat jl. Malioboro ini.
  1. Pasar Beringin Harjo - Jl. Pabringan 1, Yogyakarta 55122, Indonesia
  2. Kasongan - Desa Kasongan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia

RAGAM WISATA KULINER JOGJA

Angkringan Lik Man - Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta 55271, Indonesia - Bila anda mengujungi jogja belum lengkap rasanya kalau anda belum merasakan kuliner khas kota ini. Selain terkenal akan Gudeg, masih banyak sekali kuliner tradisional yang bisa anda coba dan salah satunya adalah anggkringan Lik Man.

Dari sekian banyak angkringan di jogja, Angkringan lik man yang sangat legendaris ini memang menjadi favorit para pelancong dan juga penikmat wisata kuliner. Lokasinya sangat mudah di temukan yaitu di dekat stasiun kota tugu. Menu yang disediakan antara lain kopi joss, jagung bakar, es tape hijau, teh nasgitel dan masih banyak lagi menu tradisional yang akan mememani malam anda di kota jogja.
  1. Loteg Dan Gado - gado Bu Ning - Jl. Surokarsan 32, Yogyakarta, Indonesia
  2. Gudeg Jogja -
  3. Bakmi Sibitsu - Jalan Raya Bantul 111, Yogyakarta, Indonesia
  4. Lesehan Parigogo - Jl. Wonosari - Semanu, Gunungkidul.
  5. Nasi Goreng Beringinharjo - Jl. Pabringan 1, Yogyakarta, Indonesia
  6. Oseng-oseng Mercon Bu Narti -
  7. Pecel Baywatch - Kasongan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia
  8. Sate Pak Turut - Jl Kesatrian, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
  9. Soto Sulung Stasiun Tugu - Parkiran Selatan Stasiun Tugu, Yogyakarta, Indonesia
  10. Thiwul Yu Tum - Jalan Pramuka 36 Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
  11. Warung Sidosemi - Jl. Canteng, Kotagede, Yogyakarta Indonesia

 WISATA MENARIK DI JOGJA

Alun - Alun Kidul JogjaAlun - Alun Kidul - Ada mitos masyarakat lokal khususnya jogja bahwa barang siapa yang melewati tengah dari pohon beringin kembar di alun - alun kidul jogja ini dengan mata tertutup pasti semua keinginannya akan cepat tercapai. Dan dari sekian banyak wisatawan yang mencobanya jarang ada yang bisa berhasil dan melewatinya. Banyaknya pengunjung yang datang ke alun - alun kidul selain ingin membuktikan kebenaran mitos tersebut, Juga karena tempat ini memang sangat indah untuk dinikmati apa lagi bila di malam hari. Disini anda bisa berjalan - jalan berkeliling menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga anda atau kalau ingin berkeliling lebih jauh anda bisa juga menyewa sepeda gowes yang banyak tersedia di sekitar alun - alun kidul jogja ini.
  1. Kampung Kauman -
  2. Prawirotaman -
  3. Pecinan -
  4. Sosrokusuman -
  5. Sosrowijayan -
  6. Kebun Binatang Gembiraloka
  7. Taman Pintar Yogyakarta
  8. Taman Pelangi
  9. Pertunjukan Gamelan - Pertunjukan Orkestra Jawa
  10. Pertunjukan Wayang Kulit - Pertunjukan Seni Budaya Jawa
  11. Ramayana Ballet - Drama yang dikemas dalam budaya jawa
  12. Kursus Kerajinan Perak - Belajar Cara Pembuatan Perak
  13. Pabrik Gula Madukismo
Demikianlah daftar tempat wisata di jogja yang menjadi favorit kunjungan wisatawan. Semoga dapat membantu anda menjelajahi berbagai tempat wisata menarik yang ada di daerah istimewa yogyakarta. Selain itu juga masih banyak tempat wisata menarik lainnya di indonesia yang bisa anda akses di blog ini.