Tempat Wisata di Pasuruan Yang Menarik Dikunjungi


Tempat Wisata di Pasuruan Jawa Timur - Jika anda datang ke kota atau kabupaten pasuruan dan bingung mencari apa saja tujuan wisata di pasuruan yang paling favorit dan wajib dikunjungi, Saya sudah merangkumnya secara lengkap untuk anda. Bagi anda yang belum tahu tentang kabupaten pasuruan saya akan memberikan sekilas gambaran tentang salah satu kota dan kabupaten di jawa timur ini.

Pasuruan merupakan kota dan kabupaten yang terletak di jalur utama surabaya dan banyuwangi. Kota Pasuruan memiliki luas 76,79 Km2 berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, serta kabupaten Pasuruan disebelah timur, selatan, dan barat. Pasuruan dapat ditempuh dari Surabaya menggunakan bus dalam waktu 1.3 jam, dan juga dapat ditempuh dari Malang menggunakan bus dalam waktu 1.3 jam.

Hasil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2013, Jumlah penduduk Kota Pasuruan bejumlah 208.079 jiwa dengan kepadatan penduduk sekitar ±5.091 jiwa/km². Dan berikut adalah penduduk Kota Pasuruan per Kecamatan 2012: Kecamatan Gadingrejo : 45.581 jiwa, Kecamatan Purworejo : 58.120 jiwa, Kecamatan Bugulkidul : 30.839 jiwa, Kecamatan Panggungrejo :73.537 jiwa

Di kota Pasuruan terdapat beragam makanan khas seperti bipang Jangkar, roti Matahari, dan keripik singkong. Makanan di kota Pasuruan banyak digemari orang. Makanan khas kota Pasuruan rasanya sangat identik dengan makanan tradisional seperti Nasi Rawon, sate Komo ( berbahan dasar daging sapi ), dan juga kupang Kraton khas kota Pasuruan.


Baiklah itu sedikit gambaran singkat tentang kota dan kabupaten pasuruan yang saya kutip dari Sumber wikipedia. Dan untuk info tempat wisata di pasuruan jawa timur silahkan lihat baca daftar dibawah ini.


TAMAN SAFARI PRIGEN PASURUAN
TAMAN SAFARI PRIGEN PASURUAN
Taman safari Prigen Pasuruan merupakan sebuah safari park yang mana taman safari indonesia 2 ini merupakan yang terluas di benua asia. Memiliki berbagai ragam dan macam koleksi spesies hewan dan didukung dengan atraksi yang sangat menarik se indonesia. Taman Safari ini menjadi sebuah tujuan objek wisata dengan konsep wawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat dan kehidupan satwa liar. 

Fasilitas Yang tersedia di taman safari prigen antara lain: Safari Park terluas se-Asia, Water Park dengan filter canggih. Atraksi Live Show: Tak kenal Tak Sayang - Burung hantu, Orangutan, Bid of Prey (Burung Elang), Lumba-lumba, Journey to the Temple of Terror, Global Warming Show - Orangutan, dll, Elephant Education (Gajah Asia), Baby Zoo, Ticketing & Computer Fiber Optic, Touchscreen. 


KEBUN RAYA PURWODADI PASURUAN
KEBUN RAYA PURWODADI PASURUAN
Kebun Raya Purwodadi merupakan salah satu objek wisata di Jawa Timur, Lokasinya sangat mudah ditemukan karena memang berdada di jalur utama Surabaya - Malang. Untuk mengelilingi kebun raya ini wisatawan dapat melewati jalan setapak, dengan sepeda sewaan, atau jalan aspal dengan naik mobil pribadi. Bila penat berjalan kaki, wisatawan dapat meneruskan dengan naik kereta kelinci mirip kereta api mini. Berjalan ke arah timur harus berhati hati karena jalannya menurun tajam. Memang di luar sebelah timur wilayah Kebun Raya Purwodadi terdapat tempat wisata lain yang juga menarik yaitu Coban Baung, air terjun yang cukup tinggi dan segar hawa di sekitarnya.

Kebun raya purwodadi merupana sebuah kebun penelitian yang di buat pada masa belanda oleh  Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten pada tanggal 30 Januari 1941 sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan 's Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor. Koleksi Pohon dan Tumbuhan di kebun raya purwodadi antara lain Tumbuhan Polong-polongan, Tanaman Anggrek, Pohon Palem, Pohon Bambu, Tumbuhan Paku, Tumbuhan Obat - obatan.

Baca Juga: Tempat Wisata di Singapura Yang Paling Menarik

AIR TERJUN COBAN BAUNG
AIR TERJUN COBAN BAUNG
Terletak di lereng gunung baung atau lebih tepatnya di Sumbersuko, Desa Kertosari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan ini memiliki pemandangan alam yang sungguh luar basa indah. Air terjun ini memiliki ketinggian 100M yang mana aliran airnya merupakan pertemuan dua sungai yaitu sungai beji dan sungai welang yang juga masuk dalam kawasan kebun raya purwodadi.

Untuk mencapai lokasi air terjun coban baung ini sangatlah mudah, jika anda dari arah surabaya, sebelum pagar kebun raya purwodadi belok kiri  melalui sebuah jalan kecil sekitar 1,5 KM. Jika sudah sampai area parkir anda masih harus melanjudkan dengan berjalan kaki menuruni tangga sekitar 200M. Disini anda harus ekstra berhati - hati karena jalannya licin dan terjal.

AGROWISATA BHAKTI ALAM 
AGROWISATA BHAKTI ALAM
Objek agro wisata Bhakti Alam merupakan sebuah objek wisata taman buah yang beralamatkan di daerah Nongkojajar Pasuruan, Jawa Timur atau lebih tepatnya di desa Ngembal kecamatan Tutur pada ketinggian 450 mdpl. Lokasi objek wisata ini berjarak sekitar 35 km dari Surabaya dan 45 km dari Malang.

Objek wisata bhakti alam mengusung konsep wisata dan agriculture. Disini anda akan belajar bagaiman cara bercocok tanam buah salak, apel, durian, strawberry yang baik dan benar yang pastinya kegiatan ini sangat menyenangkan dan sekaligus anda juga dapat merasakan hasilnya. 

PERKEBUNAN APEL KRISNA
PERKEBUNAN APEL KRISNA
Satu lagi agro wisata yang wajib anda kunjungi di pasuruan, Perkebunan apel krisna menjadi tujuan wajib wisatawan yang berkunjung ke pasuruan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dengan melakukan kegiatan memetik apel. Lokasinya berada di Desa Andonoari Kecamatan Tutur (Nongkojajar), Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Daerah ini memang terkenal sebagai daerah penghasil buah Apel terbesar di Indonesia.

BUKIT FLORA
BUKIT FLORA
Nah bagi anda yang suka dengan bunga atau bercocok tanam tumbuhan hias, Anda wajib mengunjungi tempat yang satu ini bila berada di pasuruan. Bukit Flora terletak di Desa Tutur, 3 Km dari Nongkojajar. Objek wisata ini ketinggian 700 meter DPL sehingga membuat tempat ini berhawa dingin. Disini anda akan menemukan banyak sekali bunga - bunga seperti anggrek, krisan dll dan juga anda akan diajarkan cara menanam bunga dengan baik dan benar. Bagi anda yang ingin menginap di objek wisata Bukit Flora juga tersedia filla yang bisa anda sewa bersama keluarga yang dapat menampung hingga 100 orang

Baiklah, Itu dia daftar tempat wisata di pasuruan jawa timur terpopuler yang wajib anda kunjungi. Semoga dapat memberikan tambahan informasi tempat wisata di jawa timur. Jika anda belum pernah mengunjungi tempat wisata yang telah saya rangkum di atas, saya sarankan pada kesempatan liburan mendatang anda mengunjunginya. Jangan lupa juga kunjungi tempat wisata menarik di indonesia lainnya seperti tempat wisata di lembang, tempat wisata di malang, atau tempat wisata di batu malang yang pastinya juga menarik untuk di jelajahi.