Daftar Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Memikat


Daftar Tempat Wisata di Aceh - Menjelajah objek - objek wisata yang berada di daerah paling barat indonesia ini memang tidak pernah akan ada habisnya. Aceh sebuah sebuah provinsi di indonesia yang letaknya berada di ujung pulau sumatera menyimpan berjuta keindahan alam dan budaya yang tidak pernah hilang oleh bencana. Seperti kita tahu bahwa daerah istimewa aceh pada tahun 2004 silam Aceh dilanda oleh musibah besar yang mana tsunami menerjang dengan ganasnya yang mengakibatkan banyak korban jiwa dan menghancurkan semuanya, akan tetapi keindahannya masih tetap dapat dilihat sampai saat ini. Ingin tahu seperti apa keindahan tempat wisata di aceh saat ini? Silahkan anda baca daftar tempat wisata di aceh yang paling memikat berikut ini.

 Tempat Wisata di Aceh


Pantai Rubiah
Pantai rubiah terletak di pulau weh. Dinamakan dengan pantai rubiah dikarenakan di pulau ini ada sebuah nisan yang tertulis rubiah. Pantai ini terkenal akan keindahan alam bawah lautnya sangat cocok bagi anda yang hobi snorkling dan diving, Selain itu anda juga bisa berkeliling pulau dengan menyewa perahu kaca yang bisa untuk melihat pemandangan bawah laut. Selain sebagai objek wisata, pulau rubiah ini juga menjadi tempat penelitian biota laut seperti ikan karang dan terumbu karang yang dilindungi oleh pemerintah indonesia. 

Pantai Ulee Lheue
Pantai Ulee Lheue memiliki pemandangan yang sangat memikat apalagi saat sunset. Pemandangan dikala siang haripun juga tidak kalah indahnya, Di pantai ini anda akan mlihat pulau - pulau kecil yang terlihat dari kejauhan dan juga deretan pegunungan yang mempesona.

Baca Juga: Tempat Wisata di Lombok Yang Mempesona

Pantai Iboih
Bagi anda yang gemar melakukan olahraga menyelam, Pantai Iboih ini tidak ada salahnya untuk anda kunjungi, Terdapat banyak sekali spot menyelam yang memiliki pemandangan bawah lautnya yang sangat menawan, pantai ini menjadi magnet bagi turis lokal maupun mancanegara untuk menjelajahi wisata bawah airnya.
Pantai Lampuuk
Pantai lampuuk berada di aceh besar. Pantai dengan pemandangan yang sangat mempesona ini memiliki pasir putih yang landai.  Pantai lampuuk ini terbentang sepanjang 5 kilometer dari arah utara ke selatan. Pada saat liburan tiba, pantai ini sangat ramai sekali pengunjung baik dari dalam maupun dari manca negara.  Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di pantai lapuuk ini diantaranya berenang, berselancar, dan juga ada banana boat yang bisa anda sewa. 

Pantai Lhoknga 
Anda suka olahraga surfing? Pantai lhoknga ini pastinya wajib anda kunjungi bila berada di aceh. Pantai dengan ombak yang sedang ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Pantai ini berjarak sekitar 20 kilo dari pantai lampuuk. Selain kegiatan berselancar anda juga bisa melakukan kegiatan lain di pantai lhoknga seperti olahraga pantai dan berjemur.

Air Terjun Suhom
Air Terjun Suhom terletak di Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh. Air terjun ini memilki ketinggian sekitar 18 Meter yang terbagi menjadi 3 tingkat. Dibawahnya terdapat sebuah telaga dengan lebar sekitar 5 Meter. Di danau ini anda bisa berenang sambil menikmati hijaunya hutan di sekitar air terjun.

Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam terletak di Kabupaten Aceh Utara. Terletak disebuah hutan yang sangat rindang yang sangat cocok sekali untuk berendam dan relaksasi. Air terjun Blang Kolam memiliki ketinggian sekitar 75 Meter.

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
Masjid raya baiturrahman merupakan sebuah simbol keagamaan, keberanian dan nasionalisme masyarakat aceh. Dibangun pada masa sultan iskandar muda pada tahun 1607 - 1636, masjid ini menjadi pusat pendidikan agama islam yang para pelajarnya datang dari seluruh nusantara dan bahkan sampai manca negara. Pada masa penjajahan belanda, masjid baiturrahman pernah menjadi markas pertahana rakyat aceh. Masjid ini juga menjadi sebuah saksi keganasan tsunami 2004 silam. Walaupun terkena terjangan gelombang tsunami, masjid ini tetap berdiri kokoh sampai saat ini. 

Museum Tsunami Aceh
Museum Tsunami Aceh dibangun untuk memperingati sekaligus mengenang terjadinya bencana alam maha dahsyat yang terjadi di aceh pada tahun 2004 silam yang merenggut ribuan korban jiwa. Museum ini terletak di jalan sultan iskandar muda dan dibangun pada tahun 2009. Di museum anda akan menjumpai berbagai gambar foto, video dan diorama saat terjadinya bencana tsunami. Didalamnya ada sebuah lorong panjang yang mana didalam lorong tersebut anda akan diajak ikut merasakan dan mendengarkan suara gemuruh ombak saat terjadinya tsunami.

Mungkin itu sedikit referensi tempat wisata di aceh yang bisa menjadi destinasi tujuan wisata anda. Indonesia memang memiliki ribuan tujuan objek wisata yang sangat indah dan mempesona. Silahkan kunjungi tempat wisata di indonesia yang menarik lainnya.