Ini Dia 3 Air Terjun Cantik di Grand Canyon Indonesia


Ini Dia 3 Air Terjun Cantik di Grand Canyon Indonesia, Indonesia memang terkenal dengan keindahaan alam nya yang sungguh luar biasa mempesona dan tidak kalah dengan objek wisata yang ada di luar negri. Di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar, ada sebuah lembah yang bernama Lembah Harau yang sangat terkenal dengan tebing-tebingnya yang menjulang tinggi. Jika anda datang ke lembah ini sekilas memang nampak seperti lembah yang ada di grand canyon amerika sana. Yang paling menarik di lembah ini adalah ada 3 buah air terjun yang yang cantik yang mungkin belum terlalu dikenal oleh masyarakat indonesia sendiri.

Sumatera barat sejak dulu memang menyimpan sejuta pesona baik adat istiadatnya ataupun objek wisata alam yang masih sangat terjaga kealamiannya. Jika anda ingin mengunjungi objek wisata air terjun yang berada di lembah harau, anda harus menyiapkan semuanya sebelum mengunjungi objek wisata ini. Satu yang wajib dibawa dan tidak boleh ketinggalan andala kamera untuk mengabadikan keindahan air terjun ini. 

Untuk mengunjungi objek wisata tersebut perjalanan anda akan mulai dari kota padang sumatera barat, Perjalanan untuk mencapai lokasi bisa anda tempung dengan menggunakan kendaraan road 2. Perjalanan untuk mencapai lokasi dibutuhkan hingga 3 jam waktu tempuh dari kota padang. Jika anda melewati bukit tinggi waktu yang ditempuh jauh lebih singkat yaitu sekitar 1 jam perjalanna saja. 

Selama perjalanan, pelancong akan melewati Padang Panjang yang terkenal dengan air terjun Lembah Anai. Tidak ketinggalan, Anda juga akan melewati Kota Bukittinggi dengan udaranya nan sejuk, dan akhirnya sampai di Kota Payakumbuh.

Berbekal penunjuk arah di setiap sudut jalan, maka sampailah di Kenagarian Harau. Di gerbang pintu masuk menuju air terjun ini, wisatawan dikenai tarif Rp 5.000 untuk satu sepeda motor. Destinasi ini dikelola oleh penduduk lokal.



"Harau is amazing...." Itulah yang terucap dari mulut. Pemandangan tebing menjulang dan memanjang, dengan stuktur batuan berwarna membuat mata initakjub, dan sempat berpikir bagaimanakah peristiwa alam ini terjadi? Tuhan Maha Kuasa. 

Tak luput dari pandangan, di samping kiri dan kanan jalan terhampar sawah warga sekitar yang menghijau. Perjalanan terus dilanjutkan, menuju air terjun Harau. Hingga akhirnya, Anda sampai di persimpangan sekitar Masjid Kenagarian Harau.

Dari papan informasi penunjuk arah, maka dipilih tujuan pertama yaitu air terjun yang berada di belokan kanan. Dengan melewati jalanan yang beraspal dan berliku, yang tidak sampai-sampai ke lokasi membuat ragu untuk melanjutkan erjalanan ini. Sekitar 5 menit dari persimpangan, akhirnya saya menemukan lokasi wisata yang dituju.

Terjawab sudah, mengapa aspal jalannya belum sampai ke lokasi. Mungkin  ini dibuat untuk menyatukan suasana dengan alam yang masih alami.

Nah, ternyata di sisi tebing menjulang sebelah kanan ini terdapat 3 air terjun yang mengagumkan. Air terjun pertama keluar di antara bebatuan pada dinding tebing yang mempunyai ketinggian puluhan meter. Kemudian bagian bawahnya dibuat kolam tempat pemandian.

Ternyata, air terjun yang kedua jauh lebih indah. Dengan dinding dan bebatuan yang berlumut di sekitar air terjunnya, menambah kesan alami. Begitu juga air terjun ketiga yang lokasinya sedikit mendaki, serta menambah semangat untuk menjumpainya.

Objek wisata ini masih sangat alami berpadu dengan hutan yang masih terpelihara tanpa mengalami kerusakan. Masyarakat sekitar membuat jalan menuju ke air terjun pertama. Berikutnya, dibuat pula jalan melewati hutan sehingga membentuk jalan setapak dan menambah kesan alaminya.

Untuk oleh-oleh dan tempat makan, di sini juga ada. Salah satu pusat oleh-oleh yang mengesankan, yaitu awetan serangga dan binatang kecil yang sering ditemui di sekitar air terjun. Asal jangan berlebihan berburu serangga dan binatangnya!

Oh ya, ada satu lagi air terjun yang ramai dikunjungi wisatawan. Anda bisa kembali ke pertigaan awal untuk menuju air terjun yang berada di sisi tebing sebelah kiri ini. Memang, air terjun yang satu ini berada di sisi jalan menuju perkempungan warga yang ada di Kenagarian Harau. 

Oleh karena keramaiannya, di sini juga dibangun fasilitas kantor dan kebun binatang. Meskipun begitu, hal ini tidak mengurangi kekaguman tentang Nagari Harau. Semoga suatu saat saya bisa kembali lagi.