Tempat Wisata di Jember Yang Wajib Dikunjungi 2018


Tempat Wisata di Jember Yang Wajib Dikunjungi - Koswisata - Kota dan kabupaten jember memiliki banyak tempat wisata yang cukup menarik dan beragam terutama wisata pantainya yang sangat indah dan sudah terkenal di jawa timur. Ada beberapa pantai indah di Jember yang bisa menjadi destinasi liburan anda saat berkunjung ke kota ini. Selain wisata alam dan pantai yang sangat indah, Di kota jember juga ada sebuah even wisata tahunan yang terkenal hingga berbagai penjuru dunia.

Masyarakat jember terdiri dari beberapa suku antaranya suku jawa dan suku madura, sehingga jangan heran jika bahasa sehari-hari yang di pakai di jember adalah bahasa jawa dan madura yang sangat mempengaruhi tata bahasa serta memunculkan beberapa kata - kata yang khas oleh warga Jember. Dan berikut ini adalah beberapa daftar tempat wisata di jember yang wajib dikunjungi bersama keluarga ataupun teman anda.

WISATA PANTAI DAN ALAM DI JEMBER

Pantai Watu Ulo
Pantai Watu Ulo Jember
Pantai Watu Ulo, atau dalam bahasa Jawa berarti Pantai Batu Ular, terletak di desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, sekitar 39 Km sebelah selatan kota Jember. Kenapa pantai ini disebut Watu Ulo itu karena mengacu pada sekumpulan batu karang yang memanjang dari pesisir pantai ke laut. Pantai ini banyak sekali dikunjungi saat hari libur ataupun hari biasa. Dengan keindahan pantainya dan alam sekitar pantai membuat pantai ini terkenal di jawa timur.

Selain itu, setiap tanggal 7 syawal atau saat hari raya ketupat, Di pantai watu ulo ini selalu diadakan upacara Larung Sesaji, dimana para nelayan melemparkan sesaji yang sudah di bawa dari desa untuk dibuang ke laut sebagai tanda persembahan dan ucap syukur. Di sekitar pantai ini, para pengunjung yang datang juga bisa melihat beberapa tempat wisata yang lainnya, seperti, Objek Wisata Goa Jepang, Objek Wisata Goa Kelelawar dan beberapa fasilitas pendukung seperti taman bermain dan area berkemah.

Pantai Bendealit Jember
Pantai Bendealit Jember
Terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, pantai Bandealit menyuguhkan panorama yang mempesona dan indah untuk anda kunjungi. Pantai ini terletak di bagian selatan kota Jember, atau sekitar 36 Km dari pusat kota. Pantai Bandealit terletak berdekatan dengan pantai Sukamade dan memiliki ombak yang tenang dan berpadu dengan keindahan alam yang asri.

Walaupun pantai bendelit memiliki ombak yang tenang, di pantai ini para pengunjung bisa melakukan aktifitas olah raga air seperti memancing, selancar angin dan berenang juga tidak ketinggalan. Karena pantai Bandealit merupakan teluk yang banyak akan ikan, memancing di obyek wisata ini akan sangat menyenangkan untuk dilakukan dikala mengunjungi pantai ini.

Travelling Ke Tempat Wisata di Bandung

Pantai Paseban Jember
Pantai Paseban Jember
Pantai Paseban terletak 52 Km kearah barat laut dari Kota Jember. Suasana pantai yang tenang dan deburan ombak yang bergemuruh membuat pantai ini nyaman untuk anda kunjungi. Pantai Paseban merupakan pantai yang aman karena memiliki ombak yang yang tenang. Banyak pula wisatawan asing yang memanfaatkannya untuk sun-bathing atau melakukan olah raga pantai seperti voli pantai.

Pantai Papuma Jember
Pantai Papuma JemberPantai Papuma, ini dia satu lagi pantai yang populer dan tak kalah indahnya di Jember. Pantai ini tepat berada di pesisir selatan provinsi Jawa Timur, lebih tepatnya terletak di desa Lojejer, kecamatan Wuluhan, 46 Km ke arah selatan kota Jember, pantai Papuma menawarkan nuansa pantai yang sangat indah untuk dikunjungi. Di sepanjang pantai Papuma terdapat hamparan pasir putih yang sangat bersih dan indah, dan memungkinkan para wisatawan mancanegara yang datang untuk berjemur di pantai tersebut.

Pantai Puger Jember
Pantai Puger Jember
Pantai puger adalah situs wisata yang terletak 36 km sebelah barat daya dari Jember. Pantai ini terkenal dengan pasar lelang dan jualan ikan. Tidak hanya menikmati keindahan laut tetapi pengunjung juga bisa melihat perahu tradisional nelayan. Anda juga dapat membeli ikan segar dari nelayan di sekitar pantai atau mencoba untuk memancing di laut, dengan menggunakan perahu. Ini akan menjadi suatu kegiatan yang menarik.

  1. Pantai Payangan 
  2. Pantai Rowo Cangak
  3. Air Terjun Tancak - Terletak 16 km barat daya kota jember
  4. Air Terjun Loreng Raung - Berada di 32 Km arah timur laut Jember
  5. Air Terjun Manggisan - Terletak di 35 Km arah barat Kota Jember
  6. Taman Nasional Meru Betiri

TEMPAT WISATA SEJARAH DI JEMBER

Situs Duplang Jember
Situs Duplang Jember - Image; vira ajeng
Situs Duplang Jember - Selain memiliki wisata alam dan wisata pantai yang sangat indah jember juga memiliki beberapa situs sejarah yang bisa anda kunjungi untuk menambah perbendaharaan pengetahuan anda tentang sejarah masa lampau di pulau jawa dan salah satu situs sejara yang ada di jember jawa timur adalah situs duplang yang berada di dusun duplang, desa kamal, kecamatan arjarasa jember.

Di lokasi situs ini terdapat peninggalan sejarah diantaranya adalah batu kenong, kubur batu, dan juga menhir. Memang di situs duplang ini benda peninggalan sejarahnya tidak sebanyak pada situs - situs peninggalan sejarah di daerah lainnya, Akan tetapi menurut kami situs ini dapat dijadikan sebagai tambahan ilmu pengetahuan dan media pembelajaran sejarah tentang peninggalan masa lampau.
  1. Situs Klanceng -Dusun Klenceng, Desa kamal, Kecamatan Anjarasa
  2. Situs Mojo - Dusun Mojo, Desa Sukasari, Kecamatan Sukowono
  3. Situs Seputih - Dusun sumberjeding, Desa Seputih, Kecamatan Mayang
  4. Situs Srino - Dusun Srino, Desa Sukosari, Kecamatan Sukowono

WISATA MENARIK LAINNYA DI JEMBER

Objek Wisata Rembangan
Objek Wisata rembangan jemberObyek wisata Rembangan terletak di 13 Km ke arah utara kota Jember. Salah satu tempat wisata di jember ini merupakan daerah pegunungan dan biasa digunakan sebagai tempat peristirahatan layaknya Tretes atau Puncak di bandung.

Di sekitar obyek wisata Rembangan terhampar luas perkebunan buah naga,  Pusat penelitian tanaman Anggrek dan perkebunan kopi yang dikelolah oleh Politeknik Negeri Jember. Selain pemandangan yang sangat indah dan perkebunan, ada juga beberapa fasilitas pendukung yang bisa dijadikan sarana rekreasi keluarga seperti hotel, Kolam Renang, taman bermain, area perkemahan, restauran dan masih banyak lagi.
  1. Pemandian Patemon
  2. Pemandian Kebon Agung
  3. Objek Wisata Bedadung
  4. Wisata Perjalanan Lori
  5. Perkebunan Teh Gunung Gambir
  6. Wisata Loko Pabrik Gula
  7. Agrowisata Tembakau 
  8. Taman Bhotani Sukorambi 
  9. Pemakaman Turbo Condro

EVENT WISATA DI JEMBER

Jember Fashion Carnival
Jember Fashion Carnival
Jember Fashion Carnaval (Indonesia: Karnaval Busana Jember) atau sering disebut JFC adalah sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar di Kabupaten Jember Jawa Timur. Karnaval ini adalah ide dan gagasan dari Dynand Fariz yang juga merupakan pendiri Jember Fashion Carnival Center.

Sebanyak 400 an peserta berkarnaval dan juga berjalan sambil menari - nari (rfashion run way and dance) di jalan utama kota Jember dan disaksikan oleh ratusan ribu penonton di sebelah kanan dan kiri jalan. Mereka terbagi menjadi 8 defile yang masing-masing defile tersebut mencerminkan tren busana pada tahun yang bersangkutan.

Mampir Juga Ke: Tempat Wisata di Jogja

Defile pertama adalah defile Archipelago yang mengangkat tema busana nasional dari daerah tertentu secara berkala seperti Sumater, Jawa, Bali, dan seterusnya. Sedangkan defile lainnya mengangkat tema fashion yang sedang trend apakah dari kelompok tertentu, atau dari suatu negara, film, kejadian atau peristiwa global lainnya. Semua kostum peserta JFC dibuat dalam bentuk kostum yang kesemuanya dilombakan untuk meraih penghargaan. Arena atau lokasi yang digunakan untuk menggelar JFC adalah jalan utama Kota Jember sepanjang 3,7 kilometer.

Demikianlah informasi tentang tempat wisata di jember jawa timur, semoga bisa menjadi tambahan referensi wisata anda ketika mengunjungi jawa timur khususnya di wilayah jember. Kunjungi juga wisata menarik lainnya yang ada di indonesia.