Daftar Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah Yang Menarik


Daftar Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah -  Koswisata - Kota Surakarta atau lebih populer dengan sebutan kota solo ini banyak menyimpan objek wisata yang sangat unik dan menarik yang pastinya sayang jika anda lewatkan. Seperti pada tempat - tempat wisata yang ada di jogja, ternyata di solo pun wisata yang ditawarkan juga tidak kalah menarik.

Kota solo atau surakarta merupakan kota yang memiliki keterikatan sejarah yang sangat erat dengan jogja. Oleh karena itu anda akan menjumpai beberapa bangunan sejarah di solo yang memang mirip dengan banguna peninggalan kerajaan yang ada di jogja.

Terlepas dari itu semua, bagi anda yang saat ini sedang berada di solo atau sedang mencari informasi tentang tempat wisata di surakarta. saya akan memberikan beberapa referensi tempat wisata solo yang menarik dan pastinya setelah anda pulang dari kota solo anda akan membawa sebuah kesan tak terlupakan. Dan berikut ini adalah tempat wisata menarik di solo jawa tengah yang bisa anda jelajahi.


Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
Keraton Kasunanan Surakarta
Kalau di Kota Yogyakarta kita menjumpai keraton ngayogyakarta hadiningrat kalau di kota solo kita akan menemukan juga keraton kasunanan surakarta hadiningrat. Menurut sejarah kerajaan jawa dulunya keraton ini merupakan bagian dari kerajaan mataram. Yang akhirnya karena perselisihan politik pada masa kolonial belanda akhirnya kerajaan mataram pecah menjadi dua yaitu kasunanan surakarta dan kasultanan yogyakarta. 

Keraton ini didirikan pada masa pemerintahan susuhunan pakubuwana II pada tahun 1744 yang merupakan pengganti keraton kartasura yang porak poranda akibat geger pecinan 1743. 

Keraton Mangkunegaran
Keraton Mangkunegaran
Keraton Mangkunegaran merupakan sebuah bagunan tempat tinggal raja atau kediaman sri paduka mangkunegara yang dibangun pada tahun 1757. Bangunan ini dibangun mengikuti model keraton akan tetapi ukurannya lebih kecil.

Keraton mangkunegaran ini berlokasi di jalan ronggo warsito solo. Untuk masuk ke lokasi keraton ini kita diwajibkan untuk membayar dan mendaftar terlebih dahulu. Saat memasuki komplek keraton ini dari depan anda akan melihat sebuah kolam ikan yang besar Dan ada sebuah patung di atas kolam tersebut yang seakan - akan menyambut kedatangan pengunjung keraton. Di dalam pendopo sendiri anda akan menjumpai banyak arsitektur jaman kerajaan lampau yang dihiasi dengan patung - patung emas khas dari negeri china dan eropa.

Ngarsopuro Night Market Solo
Ngarsopuro Night Market
Ngarsopuro Night merupakan sebuah pasar malam yang selalu di buka pada hari sabtu dan minggu pukul 19.00 S/d 21.00. Di sini anda akan menjumpai banyak sekali penjual souvenir, Kerajinan, batik, dan kalau anda ingin mencari kuliner khas kota solo anda akan dengan mudah menjumpainya disini. 

Selain penjual beraneka macam pernak pernik khas kota solo, di Ngarsopuro Nigh anda juga akan dimanjakan dengan live performance musik mulai dari musik modern seperti jazz, pop bahkan musik tradisional dan tari tarian juga di tampilkan di Ngarsopuro Nigh. 

Galabo Solo
Galabo Solo
Kalau anda penasaran ingin mencari kuliner khas kota solo, Galabo Solo wajib menjadi tujuan wisata kuliner anda. Galabo solo mengusung sebuah konsep kuliner malam yang menyuguhkan beraneka macam makanan khas kota solo. Tempat ini selalu ramai dikunjunjungi oleh wisatawan terlebih jika malam tiba. Galabo sendiri merupakan singkatan dari gladak langen bogan atau bisa dibilang pusat berkumpulnya penjual makanan di solo. 

Museum Batik Danar Hadi Solo
Museum Batik danar Hadi
Bagi anda yang datang ke solo dan ingin membeli oleh oleh mungkin batik adalah oleh oleh yang sangat cocok untuk anda bawa pulang. Dan produsen batik yang terkenal di solo yang saya rekomendasikan adalah di Danar Hadi. Danar hadi adalah sebuah merek batik yang sudah ternama di solo.

Disini selain terdapat outlet untuk menjual produk batik, danar hadi juga membangun sebuah museum batik yang mana didalam museum tersebut memajang berbagai koleksi batik dari seluruh nusantara. Sangat menyenangkan disamping anda bisa berbelanja oleh - oleh batik anda juga dapat belajar dan mengenal batik indonesia lebih dalam lagi. 

Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari
Taman Hiburan Rakyat Sri Wedari
Taman hiburan ini merupaka sebuah taman bermain yang sangat terkenal di solo sejak jaman dahulu. Di tempat ini sering digelar berbagai kesenian khas jawa seperti ketoprak, wayang dan lain sebagainya. Selain untuk menampilkan kesenian jawa tengah, tempat wisata sri wedari yang sudah dimodifikasi menjadi taman hiburan rakyat modern memiliki banyak sekali wahana bermain dan mini waterpark di dalamnya. Sangat cocok sekali untuk menghabiskan waktu disana bersama keluarga anda.

Selain banyak tersedia wahana bermain yang sangat menyenangkan, Di dalam lokasi Taman hiburan rakyat sri wedari ini ada terdapat pula panggung hiburan untuk pentas musik band, dangdut dan juga terdapat cafe - cafe yang menyedikaan makanan seperti nasi goreng, bakso, mie ayam. konsep taman hiburan ini seperti salah satu tempat wisata di kediri yaitu pagora. 

Demikianlah sedikit informasi tempat wisata di solo jawa tengah yang menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa berkunjung juga ke tempat wisata di bandung, tempat wisata di malang, tempat wisata di batu yang paling menarik.